Inggris Kepada India: Berlian di Mahkota Kerajaan Milik Kami

AMRITSAR, India (Reuters) – Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, Inggris tidak akan mengembalikan berlian raksasa yang tersemat di sebuah mahkota kepada India.

Berbicara pada hari ketiga sekaligus hari terakhir kunjungan di India yang bertujuan menghidupkan perdagangan dan investasi, Cameron berkeras tidak akan menyerahkan kembali berlian Koh-i-Noor 105-karat, yang saat ini dipajang di Menara London. Berlian tersebut telah disematkan di mahkota milik mendiang ibunda dari Ratu Elizabeth yang saat ini bertakhta.

Sebagian orang India — termasuk cucu dari pemimpin kemerdekaan Mahatma Gandhi — telah menuntut pengembalian salah satu berlian terbesar di dunia itu untuk menebus masa penjajahan Inggris.

“Saya rasa itu bukan pendekatan yang tepat,” kata Cameron kepada wartawan pada Rabu, setelah menjadi perdana menteri Inggris pertama yang menyuarakan penyesalan atas salah satu episode paling berdarah dalam penjajahan India, pembantaian warga sipil tak bersenjata di kota Amritsar pada 1919 .

“Itu merupakan pertanyaan yang serupa dalam kasus Elgin Marbles,” ucapnya, mengacu pada patung marmer Yunani klasik yang telah lama dituntut Athena untuk dikembalikan.

“Jawaban yang tepat adalah untuk British Museum dan lembaga kebudayaan lain guna melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, yaitu berhubungan dengan lembaga lain di seluruh dunia untuk memastikan bahwa benda-benda yang kita miliki dan kita rawat dengan baik bisa dibagikan dengan orang-orang di seluruh dunia.”

“Saya tentu saja tidak percaya dengan ‘pengembalian’, saya pikir itu tidak masuk akal..”
Gubernur Jenderal Inggris pada saat penjajahan India mengupayakan agar berlian besar itu dipersembahkan kepada Ratu Victoria pada 1850.

Jika Kate Middleton, istri Pangeran William, yang berada di garis takhta kedua, pada akhirnya menjadi permaisuri, dia akan mengenakan mahkota berlian itu pada acara-acara resmi.

Ketika Elizabeth II menggelar kunjungan kenegaraan ke India untuk menandai ulang tahun ke-50 kemerdekaan India dari Inggris pada 1997, banyak orang India menuntut pengembalian berlian itu.
Cameron antusias untuk membuka jalan bagi peningkatan ekonomi di India, namun mengatakan dia ingin lebih fokus pada saat ini dan saat yang akan datang daripada “kembali” ke masa lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s