Ilmuwan Temukan Nasi yang Kaya Protein

Seperti yang kita ketahui, nasi kaya akan karbohidrat. Namun, para ilmuwan di New York mengklaim telah menemukan nasi super bergizi yang kaya akan protein.

Nasi ini bernama ‘puffed rice’ yang bentuknya mengembung karena diproses melalui penguapan. Nasi ini biasanya akan kehilangan sejumlah nutrisi yang peka terhadap panas.
Nah, ilmuwan Syed S.H. Rizvi (profesor teknik pengolahan makanan di Cornell University, New York, AS) pun mencari cara untuk menghindari hilangnya protein dan nutrisi lainnya selama proses penguapan nasi.
Lalu, Rizvi dan rekannya menggunakan proses yang menggunakan karbon dioksida superkritis, yang telah digunakan untuk membuat kopi tanpa kafein, demikian yang dikutip dari Journal of Agricultural and Food Chemistry.
Proses ini mampu membuat puffed rice mengandung protein tiga kali lipat lebih banyak dan delapan kali lipat lebih banyak serat makanan ketimbang produk kemasan puffed rice yang beredar di pasaran.
Puffed rice yang dibuat oleh Rizvi dan rekannya ini juga mengandung kalsium, zat besi, seng, dan zat gizi lainnya. Puffed rice buatannya juga lebih renyah daripada produk kemasan puffed rice di pasaran, sehingga rasanya lebih enak dan crunchy.
“Nasi jenis baru ini cocok untuk dikonsumsi sebagai sereal sarapan, makanan ringan, dan makan siang dalam bentuk bar nutrisi yang praktis,” ujar Rizvi seperti dikutip Zeenews.com. (jay)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s