Yang Harus Dimakan Supaya Cantik

Masalah kecantikan: Ramput rapuh dan menipis
Yang harus dimakan: Gandum utuh

Biji-bijian seperti beras merah dan gandum, kaya akan vitamin B esensial termasuk biotin (B7), yang dapat membantu mengurangi kerontokan dan kerapuhan rambut. Bahan-bahan tersebut juga merupakan sumber silika yang baik, yang dapat membantu mengurangi kerusakan rambut, dan seng yang merupakan nutrisi penting bagi rambut. Cobalah untuk makan berbagai biji-bijian (pilihlah yang sealami mungkin) untuk mendapatkan rambut sehat, kuat dan berkilau.

Masalah Kecantikan: Lingkaran hitam di bawah mata
Yang harus dimakan: Bayam

Ada banyak penyebab lingkaran hitam di bawah mata, antara lain faktor keturunan, kelelahan dan anemia. Namun salah satu penyebab lingkaran hitam adalah karena sirkulasi darah yang buruk. Untuk mengatasi penyebab tersebut dan megurangi bayangan di bawah mata, cobalah untuk mencukupi asupan vitamin K dan C, yang dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat dinding kapiler. Sayuran hijau seperti bayam merupakan sumber nutrisi yang baik.

Masalah kecantikan: Kulit kering
Yang harus dimakan: Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan alami dan tetap lembut dan terhidrasi. Pilihlah biji rami atau kacang walnut untuk memberikan manfaat yang maksimum terhadap kulit, karena kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mencegah kulit kering.

Masalah kecantikan: Gigi kuning
Yang harus dimakan: Buah dan sayuran 

Beberapa langkah paling penting untuk mendapatkan gigi putih sempurna adalah dengan menjaga standar kesehatan mulut (menyikat gigi, flossing dan secara teratur mengunjungi dokter gigi) dan menghindari  rokok dan makanan  serta minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning. Namun, setelah makan buah-buahan dan sayuran seperti apel, seledri dan wortel juga dapat membantu untuk memutihkan gigi. Tekstur dari makanan tersebut dapat membantu  membersihkan gigi Anda setelah makan, menghilangkan bakteri dan mengangkat noda dari gigi Anda.

Masalah kecantikan: Bibir pecah-pecah
Yang harus dimakan: Yoghurt dan oatmeal

Bibir pecah-pecah dan terkelupas dapat terjadi pada kita semua kapan saja, namun jika Anda sering mengalami bibir pecah-pecah, itu bisa jadi tanda kekurangan vitamin B. Vitamin B kompleks dapat menyehatkan kulit dan menjaganya tetap sehat, jadi cobalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti yoghurt dan oat. Oat dan yogurt juga merupakan sumber yang baik dari seng, yang dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan, bibir pecah-pecah secara lebih cepat.

Masalah Kecantikan: Kantong mata
Yang harus dimakan: Avokad

Jika Anda mengalami seperti pembengkakan di bawah mata, bisa jadi Anda mengalami retensi cairan. Untungnya, hal itu bisa diatasi melalui diet dengan menyeimbangkan asupan natrium dan potasium. Cobalah kurangi asupan garam dan meningkatkan asupan makanan yang kaya akan potasium seperti avokad, yang juga kaya akan asam lemak sehat yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembut dan lentur serta mengurangi peradangan.

Masalah Kecantikan: Kulit keriput
Yang harus dimakan: Minyak ikan

Untuk membantu menjaga kulit lentur dan bebas kerut, pastikan Anda memperoleh cukup asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 dapat  membantu menjaga kulit dari dalam, mencegah dehidrasi dan kekeringan, meningkatkan produksi kolagen kulit serta membantu mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Jika Anda bukan penggemar ikan yang berminyak, sumber Omega-3 lain dapat didapatkan pada biji rami dan walnut.

Masalah Kecantikan: Jerawat
Yang harus dimakan: Bawang putih

Bawang putih tidak hanya merupakan makanan yang menyehatkan  untuk jantung, tapi juga baik untuk membantu menjaga kulit bersih dan bebas jerawat. Dengan antibiotik alami yang terkandung di dalamnya, sifat membersihkan darah, sifat meningkatkan kekebalan tubuh dan antibakteri, bawang putih dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat, juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Masalah kecantikan: Kulit pucat
Yang harus dimakan: Kerang

Jika Anda mengalami wajah atau kulit pucat, bisa jadi Anda menderita anemia, yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin B12. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan laut seperti tiram yang mengandung kadar Vitamin B12 dan zat besi yang tinggi.

Masalah Kecantikan: Kuku yang rapuh
Yang harus dimakan: Kuning telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa menambah asupan biotin (vitamin B7) dapat membantu meningkatkan kekuatan kuku dan mengurangi kerapuhan, sedangkan penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dan seng dapat menyebabkan kelainan pada kuku. Untuk memperkuat kuku, cobalah mengonsumsi kuning telur pada makanan seperti omelet dan pancake, yang kaya akan nutrisi penting. Telur juga merupakan sumber protein, yang sangat penting bagi pertumbuhan kuku yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s